Bikin Sendiri Aplikasi Android "Lempar Dadu"

 

Tutorial kali ini akan membuat aplikasi Android "Lempar Dadu". Aplikasi ini akan menampilkan 2 buah dadu di layar. Untuk mengacak kedua mata dadu caranya tinggal digoyangkan saja smartphonenya. Development tools yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah MIT App Inventor.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat aplikasi ini adalah 6 buah file image (masing-masing berupa mata dadu satu hingga mata dadu enam) dan 1 buah file suara dadu dikocok.

Buatlah sebuah proyek baru pada MIT App Inventor, lalu ikuti langkah-langkah berikut:

1. Tambahkan dua buah komponen Image ke dalam Screen.



2. Tambahkan sebuah komponen Sound ke dalam Screen. Icon komponen Sound tidak akan ditampilkan di dalam Screen, melainkan berada di luar Screen, karena merupakan Non-visible components. 



3. Tambahkan sebuah komponen Accelerometer Sensor ke dalam Screen. Icon komponen Accelerometer Sensor tidak akan ditampilkan di dalam Screen, melainkan berada di luar Screen, karena merupakan Non-visible components.



4. Ubahlah nama komponen Image1 menjadi Dadu1. Dan ubahlah nama komponen Image2 menjadi Dadu2.



5. Aturlah properti komponen Screen1.






6. Atur properti komponen Dadu1.





7. Atur properti komponen Dadu2.





8. Aturlah properti komponen Sound1.



9. Buatlah blok-blok kode berikut ini.



10. Langkah terakhir Anda tinggal build apk-nya, download dan install. Selamat mencoba!



Tonton juga video tutorialnya di YouTube!



Mau belajar lebih lanjut tentang pemrograman Android dengan MIT App Inventor? Di LIX Computer saja! Dibimbing langsung oleh Felix Lukman, SE, SKom (penulis buku komputer dan Dosen STMIK). Untuk informasi lebih lanjut hubungi 0816619450.